Cara Mengatasi dan Sebab Komputer tidak bisa Booting

cara Mengatasi PC tidak bisa booting - Bagi seorang pengguna komputer mengalami masalah adalah hal yang wajar salah satu hal yang sering terjadi adalah komputer tidak menampilkan hal yang wajar atau tidak mau booting. komputer tidak mau menampilkan log on windows seperti sewajarnya. untuk mengatasi masalah ini anda harus mengetahui berbagai macam sebab yang mana jika anda mengetahui sebabnya anda akan dengan mudah mengatasi permasalahan yang ada.

cara mengatasi windows tidak mau booting

4 cara bagaimana mengatasi masalah Komputer tidak mau Booting dan apa penyebabnya.

1. Karena Hardisk tidak terdeteksi
Hal ini biasanya ditandai dengan munculnya pesan Disk Boot failure. Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa melakukan beberapa hal diataranya:
  1. Jika antara alat penghubung antara CPU ke hardisk ada masalah, tentu windows tidak akan bisa booting dan ini adalah Yang sering terjadi bisa disebabkan karena kabel atau memang hardisk tidak terpasang dengan benar pastikan anda mengecek kembali kondisi kabelnya IDE atau SATA pada Hardisk. jika anda mempunyai dua komputer itu akan membantu anda mengetahui masalah dengan pasti karena anda bisa mengececk dengan CPU di komputer lain.
  2. untuk 2 hardisk IDE yang terpasang pada 1 kabel, cek posisi jumper untuk setingan Master dan Slavenya supaya jangan tertukar. 
  3. anda bisa cek apakah Hardisk sudah terdeteksi oleh BIOS atau belum, coba di-detect satu persatu. Kalau sama BIOS aja ga terdeteksi berarti masalahnya ada pada hardisk tersebut. \
  4. Untuk mengececk kondisi hardisk anda bisa menyentuh hardisk saat dihidupkan anda rasakan apakan hardisk itu bergetar atau tidak karena jika hardisk masih hidup hardisk bisa dirasakan getaran putarannya.
2. Ada permasalahan Memori / VGA Card.
Hal ini ditandai dengan bunyi dari dalam CPU dengan bunyi beep yang berulang-ulang, monitor juga tidak akan mau menyala karena membutuhkan Memory untuk bekerja.
  1. Silahkan lepas dulu Memory atau VGA Card, pin-nya dibersihkan dan dipasangkan kembali dengan benar. anda juga mencoba memasang kembali ke slot yang lain. jika anda mempunyai memory lebih dari satu coba lepas satu dulu untuk mengetahui apakah salah satu memory anda bermasalah.
3. Processor Overheat /  kepanasan.
prosesor adalah sumber dari pekerjaan yang ada di komputer jika ada masalah dengan hardware yang satu ini bisa menyebabkan berbagai permasalahn dalam komputer seperti komputer merestart sendiri, komputer ngehang, PC tidak mau booting / menampilkan logon windows seperti biasaya
  1. anda bisa mencoba mengecek kondisi Heatsink dan fan Processor
  2. Lihat juga suhu Processor pada Hardware Monitor di BIOS.
4. Windows system Corupt / ada file system windows yang rusak
yang ini juga sering terjadi karena berbagai sebab seperti yang paling sering adalah karena terserang virus. terhapus oleh pengguna komputer itu sendiri, salah menginstall sebuah program. dan lain sebagainya
  1. Coba dicek dulu kondisi Memory dan pastikan memory tidak ada masalah. 
  2. Repair windows anda. 
  3. Terakhir jika semuanya sudah diceck lakukan install ulang windows. 
nah semoah apa yang saya share di atas tentang cara mengatasi masalah komputer tidak mau booting. bisa memberi anda manfaat. terima kasih dan selamat malam.

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »